4 Cara Ketahui WiFi Dibobol Orang Lain

Wifi dibobol orang lain merupakan hal yang menyebalkan, bahkan terkadang juga merugikan. Keamanan saat menggunakan WiFi perlu ditingkatkan, karena kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Dalam pembahasan ini kami akan memberitahukan kepada anda mengenai 4 cara ketahui WiFi dibobol orang lain, mari kita simak selengkapnya.

4 Cara Ketahui WiFi Dibobol Orang Lain

Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Browser Sedang Dialihkan

Ketika penyusup sedang membobol WiFi anda, ciri yang pertama adalah browser anda mulai menjalankan fungsi yang sebenarnya sedang tidak diaktifkan. Sebagai contoh, pada saat anda mengetik URL atau link tertentu, malah ada jendela web baru terbuka. Web tersebut pun tampilannya aneh dan berbeda dari web yang seharusnya anda tuju.

Pelaku melakukan hal ini bukan semata-mata tanpa sebab, karena mereka mengubah setting DNS anda dan mengalihkannya ke situs berbahaya dengan tujuan data pribadi anda digunakan untuk hal yang tidak semestinya.

2. Terhubung dengan Alaman IP yang Tidak Dikenal

Tahukah anda bahwa setiap perangkat yang berjalan di jaringan internet mempunyai IP unik tersendiri? Nah, WiFi anda pun mempunyai daftar dari semua IP address yang terhubung ke routher. Mungkin anda tidak melihat perangkat di tampilan awal, karena sudah disimpan di area yang seharusnya. Cobalah untuk mengecek di bagian IP address melalui perangkat anda agar bisa melihat tools yang tidak dikenali.

3. Koneksi Internet Lambat

Cara ketahui WiFi dibobol orang lain yang selanjutnya adalah koneksi internet anda jadi melambat. Memang koneksi internet lambat ini adalah hal wajar, bisa karena cuaca dan lain sebagainya. Namun kalau koneksi internet terus menerus lambat, anda patut curiga.

Meski anda memilih paket WiFi paling cepat namun menjadi lambat, bisa saja karena WiFi dibobol orang lain. Hacker bisa saja terhubung ke jaringan WiFi anda dan melakukan aktivitas tertentu yang bisa memperlambat jaringan WiFi. Hal tersebut terjadi karena bandwidth yang digunakan sangat tinggi oleh penyusup.

4. Password WiFi Telah Berubah

Dan cara ketahui WiFi dibobol orang lain yang terakhir adalah password atau kata sandi WiFi diubah. Cobalah perhatikan kata sandi dari WiFi anda, apakah ada yang keliru? Jika anda tidak melakukan pengubahan, namun tiba-tiba malah berubah bisa saja hacker yang mengubahnya untuk kepentingannya sendiri.

Sebenarnya salah satu hal yang pertama dilakukan oleh seorang hacker adalah mengubah password WiFi. Ini mereka lakukan agar anda tidak bisa mengakses akun anda lagi, dengan demikian hacker pun bisa mempunyai kendali penuh untuk melakukan kegiatan yang diinginkannya.

Cara Mencegah WiFi Dibobol Orang Lain

Setelah anda mengetahui cara WiFi dibobol orang lain, kini anda dapat tahu apa saja cara untuk mencegahnya.

1. Ubah Password Secara Rutin

Keamanan suatu WiFi begitu bergantung dengan password, gunakan kata sandi yang kuat untuk WiFi anda agar hacker tidak mudah melakukan peretasan. Sangat disarankan untuk mengubah password secara rutin agar lebih aman.

2. Aktifkan Mode Enkripsi

Aktifkan mode enkripsi yang akan membantu anda untuk melindungi WiFi agar tidak diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Dengan enkripsi ini maka data anda akan diacak sehingga pihak luar tidak bisa melihatnya.

3. Nonaktifkan Administrasi Jarak Jauh

Selanjutnya adalah dengan menonaktifkan administrasi jarak jauh, hal ini biasanya dilakukan agar pengguna tetap bisa memakai WiFi meski dari jarak jauh. Namun sayangnya hal ini malah bisa menimbulkan kemungkinan peretasan lebih besar. Jadi akan lebih baik untuk anda menonaktifkannya ya.

4. Pakai VPN di Area Publik

VPN akan melindungi konektivitas WiFi dengan cara menyembunyikan IP address anda. Dengan adanya VPN maka data anda yang sebenarnya tidak akan terlihat ketika menjelajah dunia maya. Menggunakan VPN di area umum membantu anda terlindung dari hacker.

5. Nonaktifkan WiFi saat Tidak Digunakan

Dan yang terakhir adalah menonaktifkan WiFi ketika tidak digunakan. Jadi kalau anda sedang bepergian atau ada keperluan yang mengharuskan meninggalkan rumah dalam waktu lama, sebaiknya nonaktifkan WiFi agar menghindari kemungkinan peretasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *