Efek Begadang untuk Wajah, Membuat Kulit Lebih Buruk!

Apakah anda sering begadang? Jika iya, cobalah untuk mulai menguranginya sekarang juga. Begadang tidak hanya buruk untuk kesehatan, namun kondisi kulit anda juga memburuk jika terlalu sering begadang hingga larut malam atau pagi.

Memang begadang sendiri disebabkan oleh berbagai hal, baik itu pikiran negatif sehingga membuat sulit tidur, pekerjaan, belajar hingga larut malam, menonton film, dan lain sebagainya. Mungkin satu atau dua kali begadang dianggap sebagai hal yang tidak memberikan pengaruh besar. Tapi kalau anda begadang terlalu sering, kesehatan organ tubuh dan kulit jadi taruhannya.

Hingga saat ini sebenarnya masih banyak orang yang belum menyadari efek buruk dari begadang. Ketika kurang tidur, tubuh kita melepaskan hormon stres dengan jumlah lebih banyak sehingga produksi kolagen kulit akan terpengaruh. Aliran darah di kulit akan terhambat sehingga berbagai masalah kulit tidak bisa dihindari.

Saat kita tidur di malam hari, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang mampu memperbaiki kerusakan dalam sel-sel kulit, hal ini membuat lapisan pelindung kulit jadi lebih kuat. Kerutan kulit akan berkurang jika anda tidur cukup, karena kolagen dan melantonin akan terbentuk.

Efek Begadang untuk Wajah

Banyak orang yang seakan berlomba untuk menggunakan beragam produk perawatan kulit, seperti sunscreen, moisturizer, serum, dan lain sebagainya untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit. Namun skincare saja tidak cukup untuk membuat kulit anda sehat, karena asupan makanan dan tidur cukup pun sangat mempengaruhi kondisi kulit.

Percuma rasanya jika anda membeli skincare atau ke klinik kecantikan dengan biaya mahal namun sering begadang. Ini menyebabkan kondisi kulit memburuk dan skincare atau perawatan wajah lainnya tidak bekerja secara maksimal. Di bawah ini Domstreater akan memberikan efek apa saja yang bisa terjadi pada wajah jika sering begadang, antara lain:

1. Kulit Lebih Cepat Menua

Ketika anda tidur di malam hari ternyata aliran darah di kulit telah mencapai puncaknya, hal ini menjadikan sel-sel kulit yang rusak dapat diperbaiki dan kolagen bisa diproduksi dengan lebih banyak. Berbeda halnya jika anda sering begadang dan kurang tidur, tugas kulit tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.

Dengan demikian begadang membuat kulit anda jadi lebih cepat menua, lapisan pelindung kulit atau skin barrier melemah, tanda-tanda penuaan muncul, dan elastisitas kulit juga berkurang. Hal inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini seperti munculnya flek hitam, garis halus, dan kerutan.

2. Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata bisa sangat terlihat dan kondisinya makin parah kalau anda terus begadang. Mengapa mata panda bisa terjadi? Karena kolagen di kulit wajah menjadi rusak. Seperti yang diketahui kolagen berfungsi agar kulit terjaga elastisitasnya. Kulit akan mengendur dan mata panda akan terjadi jika kurang tidur.

3. Masalah Kulit Memburuk

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kulit akan lebih banyak melepaskan hormon stres ketika kita sering begadang atau kurang tidur. Nah, hormon stres yang dilepaskan tersebut mampu meningkatkan peradangan di tubuh, kalau anda punya masalah kulit seperti eksim, jerawat, maupun rosacea maka begadang akan memperparah kondisinya.

4. Jerawat dan Komedo

Stres mampu menyebabkan jerawat dan komedo, ini disebabkan karena begadang bisa memicu stres. Kurang tidur saat malam hari membuat produksi minyak meningkat, inilah yang membuat pori tersumbat dan jerawat serta komedo muncul.

5. Kulit Kering

Efek yang selanjutnya adalah kulit kering, memang kulit kering bisa disebabkan oleh faktor genetik dan perawatan yang tidak tepat karena tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Tapi ternyata begadang juga memberikan efek kulit jadi lebih kering karena tingkat pH kulit menurun dan cairan hilang lebih banyak.

6. Wajah Kusam

Dan efek yang terakhir adalah wajah akan terlihat lebih kusam. Ini telah dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur saat malam hari akan sangat mempengaruhi penampilan kulit. Jika anda tidur 2 hingga 3 jam saja dengan frekuensi yang sering, wajah akan jadi lebih kusam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *